Aplikasi e-commerce disusun berdasarkan
infrastruktur teknologi yang sudah ada, yaitu kombinasi antara komputer,
jaringan komunikasi, dan software komunikasi sehingga menjadi Information
Superhighway. Gambar 1.5 menunjukkan berbagai aplikasi e-commerce yang
tidak akan berjalan tanpa hal-hal yang terdapat dalam infrastruktur berikut
- Jasa bisnis umum, sebagai jasa untuk proses pembelian & penjualan.
- Distribusi pesan dan informasi, sebagai sarana pengiriman dan pengambilan informasi.
- Isi Multimedia dan Publikasi Jaringan, untuk pembuatan produk dan sarana mengkomunikasikannya.
- Information Superhighway, sebagai landasan utama untuk penyediaan system highway (jalan utama) dimana seluruh aktivitas e-commerce akan menggunakan jalan utama terse
DEFINISI E-COMMERCE
Electronic Commerce
(e-Commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa
dan informasi melalui jaringan komputer. e-Commerce merupakan bagian dari
e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar
perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan
nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www,
e-Commerce juga memerlukan
teknologi basisd ata atau pangkalan data(databases), e-surat atau surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya
sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-Commerceini.
a)
Electronic Commerce
(e-Commerce) merupakan konsep baru yang biasanya
digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World
Wide Web Internet atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan
informasi melalui jaringan informasi termasuk internet.
E-commerce dapat
didefinisikan dari beberapa perspektif:
- Komunikasi: pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau sarana electronik lainnya
- Perdagangan: penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi melalui Internet atau fasilitas online lainnya
- Pembelajaran: sarana pendidikan dan pelatihan online untuk sekolah, universitas, dan organisasi lain termasuk perusahaan
- Kolaborasi: metoda kolaborasi antar dan intra organisasi
- Komunitas: tempat berkumpul (mangkal) bagi anggota suatu masyarakat untuk belajar, mencari informasi, melakukan transaksi, dan berkolaborasi
b)
Penggolongan e-Commerce yang lazim dilakukan orang ialah
berdasarkan sifat
transaksinya. Menurut M.Suyanto
(2003) tipe-tipe berikut segera bisa
dibedakan:
1) Business to Business (B2B)
2) Business to Consumer (B2C)
3) Consumer to Consumer (C2C)
4) Consumer to Business (C2B)
JENIS
– JENIS E-COMMERCE
ü
Business-to-consumer
(B2C): pihak
penjual adalah suatu
organisasi,
dan pihak pembeli adalah perorangan. proses bisnis di Internet yang
terjadi antara organisasi sebagai penyedia produk dan konsumen individu sebagai
pembeli. Transaksi dilakukan secara elektronik menggunakan kartu kredit setelah
mereka dapat memilih dari sekian banyak penyedia secara nyaman lewat Internet.
Amazon.com dan Dell adalah salah dua perusahaan yang sukses untuk bisnis jenis
ini.
ü
Business-to-business
(B2B):
baik
pihak penjual dan pembeli kedua-duanya
adalah organisasi bisnis. dimana pihak yang berperan sebagai
penyedia dan pembeli adalah organisasi. Jenis ini berkembang luas dan memberi banyak
kesempatan sejak diawali oleh teknologi sebelumnya, EDI (Electronic Data Interchange).
Produk yang disediakan beragam seperti bahan industri, spare part mobil,peralatan
untuk pesawat terbang.
ü
Consumer-to-consumer
(C2C):
pihak
perorangan menjual produk ataupun jasa ke orang lain. di mana
individu berperan sebagai penyedia produk dan individu lain sebagai pembelinya.
Salah satu situs yang melayani layanan ini adalah e-Bay yang terkenal dengan
layanan lelangnya. Layanan ini membantu para individu tersebut untuk memasang
situs tersendiri untuk menawarkan barang-barangnya melalui koran atau
iklan-iklan tradisional. Paling tidak ini adalah alternatif yang memungkinkan
penawaran kepada masyarakat yang lebih luas.
ü Consumer-to-business (C2B):
model EC dimana individu menggunakan Internet
untuk menjual produk atau jasa kepada perusahaan atau individu, atau untuk
mencari penjual atas produk atau jasa yang diperlukannya.
APLIKASI PENDUKUNG E-COMMERCE
1. E-mail dan Messaging
2. Content Management Systems
3. Dokumen, spreadsheet, database
4. Akunting dan sistem keuangan
5. Informasi pengiriman dan pemesanan
6. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
7. Sistem pembayaran domestik dan internasional
8. Newsgroup
9. On-line Shopping
10. Conferencing
11. Online Banking
2. Content Management Systems
3. Dokumen, spreadsheet, database
4. Akunting dan sistem keuangan
5. Informasi pengiriman dan pemesanan
6. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
7. Sistem pembayaran domestik dan internasional
8. Newsgroup
9. On-line Shopping
10. Conferencing
11. Online Banking
Tidak ada komentar:
Posting Komentar